Minggu, 31 Maret 2013

IMK

IMK (INTERAKSI MANUSIA dan
KOMPUTER)
A. KONSEP INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER



Pengenalan IMK


1)    Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem
2)    Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya
3)    Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru
4)    Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik


Definisi IMK

1) Sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan        berinteraksi dengan komputer
2) Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaanm manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri
3) Suatu studi ilmiah tentang masyarakat didalam lingkungan kerjanya HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya
4) HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin


Sistem IMK

HCIS = ƒ (h,m,e,i,t)
dimana:
HCIS = sistem manusia dan komputer
      h = subsistem manusia
     m = subsistem mesin
      e = subsistem lingkungan
       i = interaksi manusia dengan sub-sub sistem
       t = waktu, lamanya interaksi terjadi


Aplikasi IMK

1) Perkantoran
2) Kendali proses
3) Penerbangan
4) Komunikasi
5) Desain pekerjaan
6) Pelatihan/seleksi , dll

Bidang Studi yang Mempengaruhi Perkembangan IMK

1)   Computational linguistics
2)   Artificial intelligence
3)   Cognitive science
4)   Sociology
5)   Ergonomics
6)   Anthropology
7)   Organizational psychology
8)   Mathematics
9)   Cognitive psychology
10) Social psychology
11) Software engineering


Human Computer-Interface (HCI)

Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI)
Tujuan:
1) User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software atau program   aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula
2) WYSIWYG (what you see is what you get)
3) Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
4) Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja

 Permasalahan yang muncul

1) Programer tidak dapat memahami secara tepat penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan kerja pengguna
2) Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk mengingat terlalu banyak informasi
3) Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk toleransi kesalahan
4) Para pengguna berbeda dari sebelumnya
5) Para pengguna berbeda satu dengan lainnya
6) Para pengguna berbeda dari kita


Kriteria User Friendly

1) Memiliki tampilan yang bagus
2) Mudah dioperasikan
3) Mudah dipelajari
4) Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut


Perubahan Teknologi

1) Penurunan harga komputer yang sangat dramatis dihasilkan oleh adanya perkembangan teknologi terutama teknologi microelectronic dalam bentuk keping silicon (IC)
2) Kemampuan teknologi untuk memperkecil ukuran rangkaian serta mengkemas sejumlah rangkaian dalam satu keping tipis IC merupakan langkah menuju perkembangan komputer yang powerful dengan kapasitas penyimpan yang besar, namun dengan harga yang semakin murah
3) Perubahan teknologi di atas telah membuka kemungkinan penggunaan komputer yang lebih luas
4) Saat ini kehadiran komputer sudah tidak dapat dilepaskan dari dunia bisnis dan industri modern
5) Komputer juga ditemukan dalam penggunaan aplikasi rumah tangga

Kebutuhan Perancangan yang Berbeda

1) Agar komputer dapat diterima secara luas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik
2) Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik
3) Pengguna seharusnya tidak perlu memikirkan bagaimana cara berinteraksi dengan komputer, tetapi yang penting justru bagaimana mengoptimalkan komputer untuk memenuhi kebutuhannya
4) Analoginya adalah seperti kita menggunakan mobil atau motor, kita tidak perlu memikirkan bagaimana cara mesin bekerja


Kesalahan Mendasar Programmer

1) Desain ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang
2) Desain ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan setiap orang
3) Manusia begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar muka yang dapat memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang adaptif sejak awalnya, maka itu tidak akan menjadi masalah
4) Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi pertimbangan ergonomi boleh diabaikan
5) Ergonomi merupakan gagasan yang baik. Dalam mendesain sesuatu saya menggunakan pertimbangan ergonomi namun dilakukan berdasarkan intuisi dan menyandarkannya pada selera umum, jadi kita tidak memerlukan tabel data


Keterkaitan HCI Dengan Disiplin Ilmu Lain

•    Prinsip kerja sebuah sistem komputer adalah :
adanya masukan – proses – keluaran (input – process – output)
•    Ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer, ia akan melakukan interaksi atau berdialog dengan komputer menggunakan cara-cara tertentu


Disiplin ilmu dalam HCI

1) Ilmu komputer ( desain aplikasi & teknik human interface)
2) Psikologi ( aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user)
3) Sosiologi & antropologi ( interaksi antara teknologi, work dan organisasi)
4) Industrial design (produk interaktif)
5) Teknik sipil ( infrastruktur fisik)
6) Teknik Mesin ( robotika)


Hal penting dalam HCI

1) Bagaimana menentukan fungsi yang dimiliki sebuah system
2) Bagaimana menyajikan kepada user
3) Bagaimana membangun sebuah system
4) Bagaimana untuk menguji sebuah design


Pendekatan HCI

•    Machine side ( teknik komputer grafis, sistem operasi, bahasa pemograman, dan bagaimana membangun environment yang relevan)
•    Human Side (teori komunikasi, graphic dan industrial design disipline, liguistic, ilmu social, psikologi kognitif, dan human performance are relevant


Aspek – aspek dalam HCI
1) Use and context of computers ( U)
2) Human characteristic (H)
3) Computer system and interface architectur (C)
4) Development proses ( D)


B. Human Characteristics (H)


Karakteristik pemroses informasi oleh manusia, bagaimana struktur prilaku manusia, pola alamiah dan prasyarat phisik dan fisiologis .


Human Information Processing

•    Karakteristik manusia sebagai pemores informasi
•    Hal – hal yang penting diketahui atau dipelajari antara lain :
              a) Model – model arsitektur kognitif
              b) Teori tentang memori, persepsi, kemampuan motorik, motivasi, dll


Language, Communication and Interaction

Bahasa sebagai media bagi manusia untuk berinteraksi dengan manusia lain, aspek –aspek yang dipelajari: Sintaksis, sematik dan pragmatisme bahasa dan fenomena – fenomena .


Ergonomics

•    Berkaitan dengan karakteristik antropometri dan fisiologis dan kaitannya dengan kenyamanan kerja
•    Beberapa parameter dan aspek yang diperhatikan antara lain:
1) Antropometri manusia dalam kaitannya dengan lingkungan kerja
2) Masalah yang berkaitan dengan aspek kelelahan bagi manusia


C. Computer System and Interface

Input and Output Devices


Konstruksi teknis pada peraltan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer .


Dialogue Techniques

Arsitektur software dasar dan teknik – teknik dalam berinteraksi dengan manusia terdiri dari input dan output dialog, cara – cara berinteraksi, dan masalah – masalah dalam dialog .


Dialogue Genre

    Gaya / metode yang digunakan, antara lain:
•    Penggunaan metafora
•    Metode – metode yang relevan dengan media lain misal : film, grafis
•    Aspek estetika


Computer Graphics

    Konsep – konsep dasar dari tampilan komputer :
•    Aspek geometris dalam 2 atau 3 dimensi
•    Transformasi linear
•    Tampilan warna


Dialogue Architecture

    Arsitektur software dan standar – standart untuk antar muka dengan user :
•    Model- model referensi dialog pada sistem ( dialogue system reference models )
•    Model – model pencitraan pada layar (screen imaging models)
•    Windows manager models
•    Multi user interface architecture



D. Development Process (D)

Design Approaches

    Proses desain dan topik – topik yang relevan dari disiplin ilmu yang lain, antara lain:
•    Ilmu tentang desain grafis
•    Proses pengembangan system
•    Teknik analisa kerja
•    Desain industrial


Implementation Techniques and Tools

    Cara- cara dan peralatan implementasi :
•    Hubungan anatara desain, evaluasi, dan implementasi
•    Independensi dan reusability, independensi aplikasi, independensi peralatan
•    Teknik prototype
•    Peralatan dialogue
•    Method berorientasi objek
•    Representasi data dan algoritma


Evaluation Techniques

    Metode - metode spesifik untuk evaluasi :
•    Productivitas
•    Aspek –aspek yang dievaluasi seperti waktu, error, kemudahan untuk dipelajari, desain, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar